Kontruksi Perangkat Lunak Modul 2

Eksplorasi Generics dalam Node.js: Penerapan Praktis pada KPL Modul 5
Kontruksi Perangkat Lunak Modul 2
Table of Contents

Berikut adalah implementasi dalam JavaScript untuk dua metode yang ada di modul:

  1. Automata-based Construction (Menggunakan switch untuk menangani state)
  2. Table-driven Construction (Menggunakan array untuk lookup nilai)

1. Automata-based Construction (FSM)

 


Penjelasan:

  • Program ini berjalan dalam loop hingga pengguna memasukkan “QUIT”.
  • Menggunakan readline untuk membaca input dari terminal.
  • state berpindah berdasarkan input pengguna.

2. Table-driven Construction

Direct Access:

 


Stair-step Access:

Soal 1: Automata-based Construction (FSM)

Sebuah game memiliki tiga state utama:

  • START (awal permainan)
  • PLAYING (sedang bermain)
  • GAME OVER (permainan berakhir)

Aturan transisi antar state:

  1. Dari START, jika pemain mengetik “PLAY”, permainan masuk ke state PLAYING.
  2. Dari PLAYING, jika pemain mengetik “LOSE”, permainan masuk ke state GAME OVER.
  3. Dari GAME OVER, jika pemain mengetik “RESTART”, permainan kembali ke state START.
  4. Pemain bisa keluar kapan saja dengan mengetik “EXIT”.

Kategori:

Tags: