Modul Praktikum Pemprograman Perangkat Bergerak 2025 Modul OSM

Modul Praktikum Pemprograman Perangkat Bergerak 2025 Modul OSM
Table of Contents

 

MODUL PRAKTIKUM

Pemrograman Perangkat Bergerak – OpenStreetMap (OSM) di Flutter

📅 Tahun 2025


BAB 1: PENDAHULUAN

1.1. Deskripsi Singkat

OpenStreetMap (OSM) adalah platform peta open-source yang dapat digunakan secara gratis tanpa batasan API. Dalam modul ini, kita akan belajar cara mengintegrasikan OSM ke dalam aplikasi Flutter menggunakan paket flutter_map.

1.2. Tujuan Praktikum

Setelah menyelesaikan modul ini, mahasiswa diharapkan dapat:
✅ Menggunakan flutter_map untuk menampilkan peta OSM.
✅ Menampilkan lokasi pengguna saat ini menggunakan Geolocator.
✅ Menambahkan marker pada peta berdasarkan klik pengguna.
✅ Menampilkan tombol untuk mengarahkan kembali ke lokasi pengguna.


BAB 2: PERSIAPAN LINGKUNGAN

2.1. Persyaratan

Sebelum memulai, pastikan:
✅ Flutter sudah terinstal (Cek dengan flutter doctor).
✅ Emulator atau perangkat fisik tersedia.
✅ Koneksi internet aktif untuk mengunduh dependensi.

2.2. Membuat Proyek Flutter Baru

Jika belum memiliki proyek Flutter, buat dengan perintah berikut:


Jika sudah memiliki proyek, lanjutkan ke langkah berikutnya.


BAB 3: MENAMBAHKAN DEPENDENSI

Flutter menggunakan paket flutter_map untuk memanfaatkan OpenStreetMap. Tambahkan dependensi berikut ke dalam file pubspec.yaml:

Lalu jalankan:

 


perintah ini akan mengunduh semua paket yang diperlukan.


BAB 4: IMPLEMENTASI OPENSTREETMAP

4.1. Kode Lengkap main.dart

Buka file lib/main.dart dan ganti dengan kode berikut:

Buat file lib/map_screen.dart dan isi dengan kode berikut:

 

BAB 5: PENJELASAN KODE

5.1. Inisialisasi Peta

 


  • MapController untuk mengontrol peta.
  • _currentPosition menentukan lokasi awal peta.

5.2. Mendapatkan Lokasi Pengguna


  • Mengecek apakah layanan lokasi aktif.
  • Meminta izin lokasi pengguna.
  • Mengambil lokasi pengguna dan memperbarui tampilan peta.

5.3. Menampilkan Peta


  • Menampilkan peta OSM menggunakan TileLayer.
  • Menambahkan MarkerLayer untuk menampilkan marker di peta.
  • Menampilkan lokasi pengguna dengan CurrentLocationLayer.

BAB 6: MENJALANKAN APLIKASI

Setelah semua langkah selesai, jalankan aplikasi dengan perintah:

Pastikan emulator atau perangkat fisik sudah terhubung. maka jadi gini

BAB 7: KESIMPULAN

🚀 Aplikasi ini berhasil menampilkan peta OpenStreetMap dengan fitur:
Menampilkan lokasi pengguna saat ini.
Menambahkan marker pada klik di peta.
Tombol untuk kembali ke lokasi pengguna.

💡 Kelebihan OSM:
GRATIS dan tidak butuh API Key
Tidak ada batasan penggunaan
Data bersifat open-source

 

Kategori:

Tags: